Jumat, 03 Februari 2012

JENIS PENYAKIT HATI

1. IRI HATI
Iri hati adalah suatu sifat yg tidak senang akan rejeki dan nikmat yang didapat oleh orang lain dan cenderung berusaha untuk menyainginya, Iri hati yang diperbolehkan dalam ajaran Islam dalam perbuatan kebaikan, seperti iri untuk menjadi pintar agar dapat menyebarkan ilmunya di kemudian hari, atau iri untuk menyumbangkan hartanya dijalan ALLAH, atau iri untuk berbuat baik kepada sesama dengan keiklasan.
a. Ciri-ciri orang yang mempunyai sifat seperti ini biasanya cenderung tidak mau tersaingi apabila tersaingi mereka akan menyebarkan isu dan menghasut pada orang lain, mengada-ada, menimbulkan fitnah dan buruk sangka.

2. DENGKI
Dengki adalah suatu sikap tidak senang melihat orang lain bahagia dan mereka berusaha untuk menghilangkan nikmat tersebut, Sifat ini sangat berbahaya karena tidak ada orang yang suka dengan orang yang memilki sifat seperti ini.
.
3. MENGHASUT/PROVOKASI
Hasut adalah suatu sifat yang ingin selalu berusaha mempengaruhi orang lain agar orang yang jadi korban amarah o meledak dengan tujuan agar dapat memecah belah persatuan dan tali persaudaraan dan akhirnya timbul permusuhan ,kebencian antar sesama ,walaupun perbuatan seperti ini mereka sadari.

4. FITNAH
Ada pepatah Fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan adalah suatu perbuatan orang yang berusaha menjelek-jelekan , menodai, merusak, menipu, membohongi seseorang agar menimbulkan permusuhan tanpa bukti yang kuat.

5. BURUK SANGKA
 Sifat seperti ini adalah sifat yang selalu curiga atau menyangka orang lain berbuat buruk tanpa disertai bukti yang jelas.

6. KHIANAT
Hianat adalah sikap orang yang tidak bertanggungjawab atau mangkir atas amanat, kepercayaan yang telah dilimpahkan kepadanya, hianat biasanya disertai kebohongan dengan mengobral janji. Khianat adalah ciri-ciri orang munafik, orang yang telah berkhianat akan dibenci orang disekitarnya dan kemungkinan besar tidak akan dipercaya lagi untuk mengemban suatu tanggungjawab di kemudian hari.

Renungan hati
Damin Pasar Rebo Jakarta Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar